Ballenchrysanthemen, krisan bola yang menceriakan musim gugur di Austria

Masih tentang krisan. Bunga ini tak pernah membuat bosan pencintanya karena kecantikannya yang memikat, bikin betah memandang dan hati tenang bahagia.

Bunga krisan ada di segala musim, tapi secara alamiah dia mekar di bulan September, akhir musim panas hingga musim gugur. Di waktu ini krisan tebar pesona dimana-mana. Warnanya yang beraneka ragam begitu juga modelnya sangat menarik hati

Satu di antaranya adalah krisan dengan bunganya yang besar, segenggam atau dua genggam tangan orang dewasa. Kelopak bunganya bergelung tapi tak jarang juga berdiri seperti bara api, terutama yang berwarna oranye campur merah tembaga. Wow keren ya

Warna lainnya yang dimilikinya yaitu putih, kuning, coklat muda dan pink. Warna-warna ini warna tunggal, bersih dan polos sehingga terkesan teduh dan bersahaja. Aku suka semua warna ini

Awal pertama kali aku mengenal bunga ini sungguh membuatku suprais dan bahagia. Bagaimana mungkin ada bunga sebesar, seunik dan secantik ini. Tapi begitulah adanya ya pemirsa.. Aku langsung dong mengabadikannya meski belum tahu namanya. Seperti biasa suamiku yang melihat tingkahku ikut berbahagia juga ­čśŐ

Belakangan aku tahu namanya krisan. Tepatnya nama dagangnya krisan bulat atau krisan bola. Di Austria krisan ini disapa Ballenchrysanthemen

Krisan ini merupakan hibrida, hasil kawin silang antara krisan dan jenis krisan morifolium, yaitu Krisan x morifolium. Pantesan cantik dan unik ya.. Tentu saja, karena perkawinan ini memang ditujukan untuk mendapatkan hasil unggul

Krisan bulat mudah dikenali dari bunganya yang berukuran besar dan kelopaknya yang bergelung, tidak seperti umumnya bunga krisan yang berukuran kecil dan sedang semampai dengan kelopak yang membentang pasrah ­čśŐ Daunnya juga tipikal krisan banget, besar kaku dan berwarna hijau tua

Dimana kita bisa menjumpainya? Di saat musimnya yaitu musim gugur, krisan bulat ini bisa dijumpai di taman-taman publik meski jarang. Kebanyakan menghuni taman pribadi rumah warga. Kalo mau puas menjumpainya di toko bunga dan supermarket. Bahkan di toko bangunan dan keperluan rumah tangga lho.. kalo di Austria namanya Baumarkt. Di toko ini segalanya ada, dari keperluan dapur seperti alat-alat masak dan bumbu-bumbu, keperluan kamar mandi, alat bangunan hingga beraneka bunga dan tanaman hias. Wah komplit ya ­čśŐ

Harga yang ditawarkan beragam, tapi tak jauh meleset dari harga rata-rata. Harganya juga lumayan bersahabat. Dalam satu pot terdapat satu pohon dengan satu bunga hingga 3 pohon dengan tiga bunga

Pemeliharaannya tidaklah sulit. Kita tinggal melanjutkan pemeliharaannya di rumah, dipindahkan ke pot yang lebih besar atau ke tanah biar lebih leluasa hidupnya

Recommanded banget nih buat pemirsa yang suka bunga jumbo dan unik dengan warna yang kalem bersahaja serta panas membara. Lumayan untuk menceriakan musim gugur yang mulai dingin kadang sendu berkabut.

Ini di negara 4 musim termasuk belahan bumi utara Austria. Bagaimana dengan pemirsa di Indonesia? Mungkin sudah ada juga ya krisan bulat ini karena pada dasarnya krisan berasal dari negara Asia, masih bersaudara dengan tanah air kita tercinta Indonesia

Nah demikianlah perisa edisi kali ini mengenai Ballenchrysanthemen, krisan bola yang menceriakan musim gugur di Austria. Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar