Pesona musim panas bunga bougenville di wilayah Mediterania Antalya Kalkan, Turki

Bunga bougenville dikenal luas di tanah air tercinta Indonesia. Ini karena kita bisa menjumpai dirinya ada dimana-mana, dari halaman rumah, taman hingga ruang publik seperti halaman perkantoran dan pertokoan. Lagipula tanamannya cocok tumbuh di negara tropis dan daerah khatulistiwa seperti negara kita ya..

Bagaimana di Eropa? Untuk Austria, selama tinggal di negara musik ini aku belum pernah menemukannya tumbuh manja bahkan di toko kembang dan supermarket yang biasa menjual bunga-bunga sepanjang tahun, apalagi di taman. Pengecualian untuk negara Eropa yang beberapa areanya beriklim Mediterania yang mana iklimnya panas membara, seperti Italia dan Spanyol. Bougenville tumbuh cantik bak bunga pengantin

Bougenville di negara piza ini begitu istimewa, setaraf dengan bunga elit lainnya seperti tulip. Tumbuh cantik hingga bermeter-meter tingginya diliputi bunga di sekujur bodinya

Nah ada lagi negara yang sangat menyukai bougenville, yang terletak di dua benua Eropa dan Asia. Dialah Turki. Negara yang juga beriklim Mediterania setara iklim tropis di area pesisir pantainya ini menjadikan bougenville begitu mempesona.

Setali ma negara Eropa yaitu Italia, tumbuhnya ga tanggung-tanggung mencapai tinggi rumah. Depan rumah dipenuhi bunga bougenvile yang mekar penuh bergerombol hingga menutupi sebagian rumah, aksesoris alami bagi pemiliknya. Bikin seneng yang memandang atau tamu yang datang juga ya ­čśŐ

Wilayah Mediterania di Turki yang ramai dengan bunga bougenvile ini yang indah mempesona adalah provinsi Antalya, tepatnya di area wisata pantai sekaligus pegunungan tinggi menjulang Kalkan. Bangunannya khas bergaya klasik sangat Eropa, mulai dari restoran, hotel hingga vila yang berada di atas pegunungan. Maklum ya dulunya area ini dihuni pendatang dari Eropa tepatnya Yunani.

Bahkan hingga kini banyak keturunannya di area ini. Begitu juga dengan para turis yang kebanyakan berasal dari Eropa. Ini dikarenakan Turki tepatnya Antalya adalah negara yang dekat dengan negara Eropa sekaligus area yang sangat panas yang cocok untuk liburan musim panas orang Eropa yang memang mencari wilayah perairan dibanding negara benua lainnya. Selain itu Antalya memang welcome untuk orang Eropa, dari budaya hingga makanannya

Nah tanaman bougenvile sebagai aksesoris bangunan turut mempertegas aura Eropa Mediterania dimari. Alhamdulillah bunga ini menyejukkan suasana di area wisata ini yang panasnya seperti di gurun pasir, lebih dari 40┬░C. Aku aja yang lahir di area tropis sungguh kepanasan dan ga betah, tapi untung ada bunga bougenvile dan keindahan kotanya yang luar biasa ­čśŐ

Awalnya aku biasa-biasa saja saat pertama kali melihat bunga bougneville, ga berasa istimewa. Lha di Indonesia dari Sabang sampai Merauke ada semua. Di lain waktu aku menemukannya lagi, aku masih belum memfotonya

Eh tapi tunggu dulu. Ini Turki lho.. negara Eurasia yang negaranya ada di Asia dan Eropa, bukan Indonesia yang berlimpah bougenville

Seketika aku begitu terpesona dengan kehadirannya.. sampai-sampai lupa ma kewajibanku untuk mengabadikan yang cantik paripurna begini dengan hp kesayanganku. Kalo yang awalnya aku ga memfotonya karena ane anggap biasa saja, kali ini karena pesonanya yang mampu menyenangkan jiwa ­čśŐ

Akhirnya aku menyadari ada sesuatu yang istimewa pada bunga ini yang agak beda dengan di Indonesia. Tanaman bunga ini dibiarkan tumbuh setinggi-tingginya dan terawat dengan sempurna. Saat mekar, bunga-bunganya yang terangkai penuh dengan warna mencolok begitu menggairahkan.

Beda dengan Indonesia yang ga terlalu tinggi, paling semeter 2 meter. Biasanya di taman kota atau pembatas jalan raya. Atau dijadikan bonsai ditempatkan di pot-pot kembang. Meski begitu tetap sama-sama cantik ya

Mungkin karena di tanah air memiliki 2 musim, dimana musim kemarau bunga-bunganya yang kering berguguran berserakan dimana-mana bikin repot emak-emak untuk membersihkannya. Sementara di negara 4 musim, saat musim panas usai, sampah bunga yang berguguran itu biasanya tetap di tempat jika angin tak ribut. Sampah tersebut juga bisa mendinginkan bumi di kala musim gugur dan musim semi tiba. Selanjutnya menjadi kompos yang akan berguna bagi kehidupan tetumbuhan di musim berikutnya

Nah yang memiliki kesamaan seperti di negara kita tercinta adalah bougnevile di sini ada dimana-mana, dari halaman rumah penduduk hingga taman. Sebelum aku menyesal belakangan, aku langsung mengabadikannya. Meski sedikit terlambat, paling tidak aku ada kenang-kenangan dengan bunga ini di Turki ya.. yang tak aku temui di Austria ­čśŐ

Saat aku dan suami kemari dan perlu menginap di vila beberapa hari, aku meluangkan waktu untuk memfoto bunga ini. Di teras vila lantai dua tanaman ini tumbuh manis manja menjuntai di lantai juga pagar pembatas. Kadangkala pagi-pagi saat matahari belum bersinar terik, aku berjalan menyusuri area tempat kita menginap untuk menikmati keindahan kota ini sekaligus memfoto bougenvile.

Begitu juga dimana saja kutemui mereka, entah lagi di dalam mobil atau sedang belanja dan kebetulan berjumpa

Hmm.. jadi penasaran. Sebenarnya bougnvile asli tanaman Indonesia atau bukan sih? Atau jangan-jangan dari benua Eropa? Tapi kok aku belum pernah menemukannya di Austria ya?

Namanya juga bule banget. Biasanya bunga yang top di Indonesia namanya berbau pribumi. Darimana asal nama bunganya? Apakah sesuai dengan di habitat aslinya?

Biar tuntas keingintahuan kita tentang bougenvile, kita kenalan dengannya yuk..

Kita awali dengan profilnya terlebih dahulu ya

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan  : Plantae
Ordo : Caryophyllales
Keluarga : Nyctaginaceae
Genus : Bougainvillea
Spesies :
Lady Mary baring
Bougainvillea Pultonii
Bougainvillea Elizabeth Angus
Bougainvillea Easter Parade
Bougainvillea Red

Bougenville banyak terdapat di tanah air karena cocok dengan iklim tropisnya, begitu juga dengan di Turki di wilayah Mediteranianya yang berada di pesisir pantai, iklim Mediteranianya mirip dengan iklim tropis di negara tropis dan khatulistiwa

Bougenvile juga ga sulit dipelihara. Bisa dipadupadankan juga hingga dalam satu pohon terdapat beragam warna, hasil kawin silang. Nah ini dia keistimewaannya yang belum aku dapatkan di negara k├Âfte ini. Di negara ini bukan satu pohon terdapat beragam warna melainkan beberapa pohon yang ditanam dengan beragam warna, seperti merah muda cerah dan putih

Di Indonesia bunga bougenvile dikenal juga sebagai bunga kertas.. Hmm.. aku malahan baru tahu. Yang aku tahu bunga kertas adalah bunga keluarga aster yang kelopaknya kokoh bagaikan kertas karton

Mengapa dia dikatakan bunga kertas? Ternyata berkaitan dengan bunga itu sendiri. Bunganya diliputi oleh seludang. Bentuk seludang ini tipis dan memiliki ciri seperti kertas. Begitu ceritanya ­čśŐ

Asal bunga Bougenvile

Bunga ini berasal dari Amerika Selatan. Ya di habitatnya yang asli, iklimnya termasuk panas yang disukai bougenvile. Ga heran kalo tanamannya mudah tumbuh di negara kita tercinta dan Turki. Di Austria mungkin bisa dicoba ditanam dan mekar di musim panas ya.. siapa tahu.. meski bougenvile secara alami berbunga sepanjang tahun

Menariknya, bougenvile yang bukan berasal dari Eropa ini mendapat nama dari seorang prajurit Angkatan Laut asal Perancis lho.. yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville. Dan yang menyebarkannya pun lagi-lagi bangsa Eropa melalui negara jajahannya. Harap maklum dulunya negara Eropa menjajah negara Amerika Selatan dan jatuh cinta dengan bunga indah menawan ini

Deskripsi

Yuk yang masih samar-samar kenal Bougenville, di sini ada detailnya

Ukuran tanaman

Tamanan bougenville dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 meter hingga 15 meter lho. Wow.. tinggi sekali ya. Meski demikian, tanaman ini sulit untuk tumbuh tegak tapi cenderung menjalar

Batang

Batangnya bertekstur keras dan memiliki banyak cabang. Terdapat duri tajam pada area batangnya. Jadi meski cantik menawan bunganya, jangan langsung nyosor ya.. hati-hati ada ranjau duri di sekitarnya

Bentuk bunga

Bunga bougenvile diliputi seludang bunga yang berwarna menarik, yang menjadikan bentuk bunganya indah. Seludang ini sering dianggap sebagai bagian bunga, meski bunga sebenarnya adalah yang berukuran kecil berwarna putih yang terlindung oleh seludang ini.

Warna bunga

Warnanya yang populer adalah merah muda cerah dan putih. Terdapat juga warna merah muda pucat dan kuning daya pikatnya

Nah demikianlah pemirsa deskripsi tanaman bougenville dan bunganya

Selanjutnya bagaimana bougenville menjadi salah satu pilihan bunga yang menyemarakkan halaman rumah bahkan dinding rumah?

Ada banyak alasan ya pemirsa. Yang pertama tentu saja bunga ini memiliki aneka warna yang menarik hati yang menjadi daya pikatnya. Saat musim berbunga, dia merontokkan daun-daunnya sehingga nantinya yang tersisa hanya segerombolan bunga saja, merambat ke segala arah. Wow.. seru ya

Cara perawatannya pun cukup mudah, tidak memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh. Hanya perlu keratan batang yang disemai dalam bungkusan plastik atau pun pot. Tanaman memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar dan berbentuk bujur tirus yang mampu membentuk rimbunan pokok di kawasan halaman rumah dan juga pagar tanaman, sehingga nampak indah dan harmoni

Wow.. seru ya.. Apakah pemirsa memilikinya juga dan menjadi salah satu tanaman hias kesayangan. Recommanded banget nih. Mau ala Indonesia atau Mediterania, semuanya keren ­čśŐ

Ok deh.. Sekian dulu laporanku kali ini mengenai liburan kita dan pesona musim panasnya bunga bougenville di wilayah Mediterania Turki ya. Semoga berkesan

Sampai jumpa lagi

 

 

Schreibe einen Kommentar