Zierafpel, bunga apel hias yang menceriakan musim semi di Austria

Tanaman ini sangat indah hingga memikat hati dan jiwa saat memandangnya. Ini dikarenakan bunga-bunganya mekar di musim semi yang memenuhi seluruh bodinya, dari warna putih hingga merah mencolok

Sebenarnya bunga dari tanaman ini begitu sederhana seperti kebanyakan bunga lainnya, berkelopak lima dan ada beberapa putik sari seperti jarum di tengahnya. Nah yang membuatnya menjadi menarik adalah jumlah mereka yang penuh bergerombol di seluruh dahan. Kalo dah begitu, hanya bunga-bunga saja yang terlihat, sehingga pencinta keindahan bahkan pencinta bunga ingin memetik dan merangkainya menjadi bunga potong atau diletakkan dalam vas kembang ­čśŐ

Dialah yang bule Austria bilang tanaman Zierapfel atau apel hias dengan bunga-bunganya yang cantik, yang tebar pesona di musim semi. Di tempat ane dan suami tinggal, zierapfpel mulai mekar bulan April hingga Mei. Kalo cuaca ga bersahabat, mekarnya agak terhambat. Tapi ga terlalu lama kok, paling 2-3 minggu saja

Ane biasanya menunggu saat-saat mereka mekar. Ada kebahagiaan tersendiri memandang dan menikmati setiap inci keindahannya ­čśŐ Awalnya, ane hanya tau mereka adalah bunga sakura. Meihatnya secara dekat dan menyentuhnya juga ga sengaja, saat jalan-jalan bersama suami ke taman di belakang kantor gemeinde. Gemeinde adalah suatu pemerintahan terkecil di Austria yang memiliki penduduk ga sampai 2000 jiwa- kalo di Indonesia mirip ma kantor kali kelurahan ya..

Zierapple memang cocok menjadi penghuni taman. Di halaman rumah juga bisa, bahkan yang hanya memiiliki sepetak tanah pun zierapfel tetap tumbuh cantik dan indah dipandang mata. Jangan kuatir pohonnya akan menutupi rumah saking tinggi dan lebatnya ya.. karena mereka tetap tinggi sesuai porsinya

Btw dilihat dari namanya, Zierapfel bersinggungan ma apel, dimana kata apfel berasal dari bahasa Jerman yang artinya kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah apel. Nah apakah zierapfel sama dengan apel yang biasa dikonsumsi ya.. baik tanamannya maupun buahnya? Apakah tanamannya merupakan semak atau pohon- tapi kalo pohon kok ga pernah lihat yang tinggi menjulang? Bagaimana bentuk buahnya, apakah sama seperti apel atau hanya namanya saja apel hias? Besar atau kecilkah.. kemudian rasanya gimana sih.. manis apa ga atau ada rasa lain? Apakah kita umat manusia bisa mengkonsumsinya?

Kemudian apakah mereka termasuk bunga sakura atau Cherry blossom.. mengeingat mereka dari keluarga Rosaceae

Wow.. banyak yang ingin diketahui ya.. Kita langsung eksplor aja yuk pemirsa ­čśŐ

Zierapfel adalah tanaman hias keluarga Rosaceae atau mawar-mawaran dan masuk dalam marga atau genus Malus. Zierapfel dibudidaya karena banyaknya keindahan yang ada pada dirinya. Nah memang benar, zierapfel termasuk bunga sakura juga. Tapi bukan bunga sakura asli dari Jepang itu ya.. karena mereka beda jenis

Saat musim semi, tanaman ini akan dipenuhi dengan bunga-bunga kecil penuh yang bergerombol di sepanjang dahannya, sangat mempesona. Ini merupakan salah satu daya tarik terbesar mereka dibudidaya dan tumbuh anggun di taman-taman hingga di halaman rumah. Bunga-bunganya yang terkenal adalah berwarna merah muda menyala, ada juga merah muda lembut hingga putih

Selain itu, zierapfel memiliki daun yang juga mempesona. Beberapa varietas memiliki daun yang berwarna perunggu hingga coklat tembaga, terkadang berkilau indah. Klop dengan bunga-bunganya yang berwarna merah muda menyala. Saat bunga-bunganya bermekaran, dedaunan yang berwarna eksotik ini hanya sedkit menyembul malu-malu karena terdesak dengan bunga-bunganya, namun malah semakin menggoda

Keindahan selanjutnya adalah saat musim berganti. Di musim panas Zierapfel menjadi tanaman biasa, dimana daun-daunnya yang mendominasi. Meski demikian, buah-buahnya yang menjelma dari semula bunga-bunga yang menawan sangat artistik memenuhi bodinya

Di musim gugur, daun-daun zierafpel berubah warna, berbeda dengan sejawatnya tanaman semak yang juga menghasilkan bunga-bunga indah seperti lilac

Ini menjadi nilai plus bagi zierapfel kenapa menghuni lanskap taman. Zierapfel mewarnai tidak saja musim semi, tapi musim lainnya.. bahkan di musim dingin lho dimana buah-buahnya yang mungil tetap awet merah merona berjuntai pada dahannya yang kering kerontang, tapi begitu artistik saat salju singgah. Seperti kue tart berlapis krim putih dihiasi buah beri ­čśŐ

Zierapfel memiliki varietas yang terkenal disukai pencinta keindahan, seperti Scarlet dan Rudolfo dengan bunga-bunganya yang merah menyala. Wow.. keren namanya ya

Bagaimana pemirsa.. Berminat memeliharanya dan menjadikannya lanskap taman? Recommanded banget nih

Ok deh pemirsa. Sekian dulu edisi kali ini mengenai Zieapfel, bunga-bunga apel hias yang menceriakan musim semi di Austria.

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar