Mie instan, sejarahnya dan kepopuleran asal Indonesia di luar negeri

Salah satu kuliner yang populer di tanah air tercinta Indonesia adalah mie. Kuliner yang terbuat dari antara lain gandum dan telur berbentuk lurus panjang berwarna kuning ini telah lama hadir meramaikan khazanah pangan warga bumi khatulistiwa ini.

Ada puluhan jenis masakan yang dibuat dari mie, yang diklasifikasikan dalam beberapa aspek. Dari bentuknya seperti mie basah dan mie kering, dari cara membuatnya ada mie goreng dan mie kuah, dari toping ada mie ayam hingga mie bakso bahkan berdasarkan asal daerah, ada mie khas sendiri. Dari mie kocok, mi rebus hingga mie Aceh. Pemirsa suka mie apa? ­čśŐ

Mie identik dengan makanan khas Indonesia, meski menurut kabar kabari asal mie adalah negeri Bambu Cina. Tak hanya milik orang Indonesia dan Cina hingga Asia, mie ternyata ada di belahan bumi lainnya. Tapi tentu beda namanya dan bentuknya ya, meski bahan pembuatnya sama saja yang umumnya dari gandum dan telur

Kalo di Italia terkenal akan pastanya yang adalah mie juga, terbagi atas beragam nama seperti makaroni, fetucini hingga spagheti, maka di Jerman bernama Sp├Ątzle, di Turki bernama eriste, di Jepang terkenal dengan mie ramen dan udonnya. Dari semua mie di seluruh dunia, tak ada yang mengalahkan kepopuleran mie Indonesia, terutama mie instannya

Ya mie instan.. tapi tahukah pemirsa meski mie instan populer di Indoensia, mie instan awalnya bukan berasal dari Indonesia? Sama seperti mie basahnya yang berasal dari Cina. Ternyata mie instan berasal dari Jepang. Wow..

Bagaimana sejarah mie instan pertama di dunia ini ya? Kapan Indonesia pun menyusul dengan mie instannya? Negara mana yang paling banyak memproduksi mie instan di dunia? Jepang sebagai penemunya atau malah Cina yang terkenal dengan kuliner mienya?

Tahukah pemirsa mie instan Indonesia lumayan memiliki nama di luar negeri dengan merk yang telah melanglang buana adalah merk Indomie? Bahkan merk ini telah memiliki pabriknya di luar negeri antara lain Benua Hitam di negeri bernama Nigeria. Dari Eurasia ada Turki. Meski demikian, Indomie bukanlah merk mie instan yang pertama kali diproduksi di Indonesia. Wow.. benarkah?

Bagaimana kehadiran mie instan di Eropa? Karena aku tinggal di Austria, aku kabarkan kehadiran mie di negeri anggur ini ya.. Benar ga sih dia cukup punya nama juga di Benua Eropa ­čśŐ

Yuk pemirsa kita langsung saja ke mie instan ini. Diawali dengan pengertian mie instan itu sendiri ya.. kali-kali aja ada di antara kita yang masih belum mengetahui apa itu mie instan ­čśŐ

Mie instan

Mie instan adalah mie kemasan yang dibuat suatu perusahaan makanan yang siap pakai. Mie ini telah dilengkapi dengan bumbu-bumbunya dengan bubuk cabe, terkadang sayur mayur, potongan daging kering, minyak, kecap hingga saos. Tergantung mienya, ada yang berkuah, ada yang tidak berkuah yang dalam dunia mie instan Indonseia dikenal dengan nama mie goreng.

Memasaknya pun cukup mudah, hanya perlu direbus dalam air mendidih atau ditambahkan air mendidih selama 3 menit saja, kemudian masukkan bumbu-bumbunya. Untuk mie goreng cukup direbus kemudian dibuang rebusan airnya, selanjutnya masukkan bumbu-bumbunya dan aduk merata

Sejarah

Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1968, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mie instan pertama di dunia Chicken Ramen rasa ayam. Ramen adalah sejenis mie Jepang

Peristiwa penting lainnya terjadi pada tahun 1971 ketika Nissin memperkenalkan mie dalam gelas bermerk Cup Noodle. Kemasan ini adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mie tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas, melengkapi hidangan mie tersebut

Menurut sebuah survei Jepang pada tahun 2000, mie instan adalah ciptaan terbaik Jepang pada abad ke-20. Hingga tahun 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mie instan dikonsumsi setiap tahunnya

Mie instan di Indonesia

Indomie adalah merk mie instan yang diproduksi oleh Indofood CBP, anak perusahaan Indofood Indonesia. Indofood sendiri merupakan produsen mie instan terbesar di dunia, dengan 16 pabrik, 15 miliar paket Indomie diproduksi setiap tahun. Wow.. keren ya ­čśŐ

Mie instan di Eurasia dan Benua HItam

Mie instan cukup terkenal di negara Eurasia tepatnya Turki lho.. Bahkan mereka memiliki pabriknya. Indomie membuka cabang di sana. Setiap tahun pasti ada varian baru yang dihasilkan. Bahkan mie instan yang berada di Austria diimpor dari negeri kebab ini ­čśŐ

Tentunya ini membahagiakan warga tropis ya.. Meski sayup-sayup terdengar rasa micinnya kurang nendang dibanding pabrik buatan Indonesia. Mungkin mengikuti selera lidah warga Turki ya

Nah saking populer dan lezatnya mie instan asal Indonesia ini, warga Turki yang tak tahu sejarah bilang mie ini milik mereka ­čśÇ

Di Timur Tengah ternyata pabrik mie juga sudah berdiri

Di Eropa juga lho.. tepatnya di negeri Balkan Serbia

Di Benua Hitam yaitu di Nigeria, mie instan begitu populer, bahkan pabriknya telah berdiri di sana. Tapi aku belum tahu sih menurut pendapat warga Indonesia apakah mie instan di sana rasanya sama saja dengan yang buatan Indonesia

Mie instan di Austria

Mie instan yang merajai supermarket bule Austria adalah mie instan asal Cina dan Jepang, Hampir tak pernah aku jumpai keberadaan mie instan asal Indonesia di supermarket bule, kecuali di masa yang lalu sekitar 2 tahun sebelumnya. Saat itu mie instan yang dijual adalah mie instan yang juga ada di toko Turki, dalam kemasan bungkusan isi 5 bungkus mie instan masing-masing seberat 70 g. Selanjutnya aku tak pernah menjumpai mie instan Indonesia di supermarket bule hingga hari ini

Berbeda dengan bule Austria, di toko Turki mie instan rutin hadir sejak 2 tahun lalu, bahkan semakin bertambah varian mie goreng, yang mulanya hanya mie instan kuah

Di toko Asia, mie instan asal Indonesia hadir dengan lebih komplit. Apalagi di toko Indonesia, tak hanya merk Indomie saja, tapi merambah merk mie instan lainnya yaitu Sedap.

Alhamdulillah.. Pencinta mie instan lega rasanya favorit mereka ada di negeri bule. Berasa dapat harta karun deh ­čśŐ

Suamiku sejak kuperkenalkan mie instan Indonesia malah suka banget, spagheti sepertinya ditepikan dulu. Terbukti kann kalo mie instan kita memang keren ­čśŐ

Tapi meski demikian, aku jarang sekali mengkonsumsinya kok, begitu juga. Bisa dihitung sebulan mungkin 2-3 kali. Tapi persediaan selalu siap sedia

Ok deh.. sekian dulu laporanku mengenai mie instan ini ya pemirsa

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar