Musim panas musim buah nektarin di Austria, sekilo 0,99 Euro atau Rp.16.000 aja

Musim panas musim buah berlimpah di Austria. Salah satunya adalah buah nektarin. Nektarin adalah varietas dari buah persik. Karena masih satu keturunan, tentunya mereka memiliki banyak kesamaan, dari fisik hingga rasa. Iyalah ya .. ibaratnya antara emak dan anak ­čÖé

Buah nektarin memiliki warna yang sama persis seperti emaknya, warna merah bersemu kuning. Hanya kulitnya lebih kinclong dibanding kulit emaknya yang sendu berbulu. Buah nektarin juga perisi buah apel, dengan kulit yang berwarna merah bersemu kuning juga, hanya ukurannya lebih kecil

Nektarin ini sejak sebelum musim panas memang sudah tebar pesona aja. Di musim semi, pohonnya menghasilkan bunga-bunga kecil yang cantik rupawan, bergerombol putih bersih persis bunga sakura. Nah di musim panas ini dia tebar pesona kembali. Apalagi kalo bukan buahnya ya pemirsa.. yang tadinya adalah bunga-bunga kecil bergerombol sepanjang bodi pohon ­čÖé

Bukan karena berlimpah maka warga bule suka, tapi faktor rasanya yang juga enak  Karena berlimpah, harganya pun menjadi murah. Meski cukup berlimpah dan disukai, harga ga ikut-ikutan berlimpah alias mahal lho. Harga normal nektarin adalah 1,49 hingga 1,69 Euro atau sekitar Rp.25.000 hingga Rp.28.000 per kilo.

Nah beda kalo diskon yang biasanya berlangsung hingga 2 hari tapi rutin sering diadakan diskon saking berlimpahnya produk. Harganya bahkan ga nyampe 1 Euro alias hanya 0,99 Euro, kurang 1 sen aja 1 Euro. Kalo dirupiahin sekitar Rp.16.000. Wow.. seru ya.. MasyaAllah. alhamdulillah. Kalo kata mamakku di kampung halaman harga ini hanya sebagai tanda aja, jangan ga jadi beli ­čśŐIbarat musim jambu air, dibagi-bagiin aja ke tetangga.

Nah tapi kalo lagi ga musim, harganya melonjak hampir 5 Euro sekilo, kalo dirupiahin sekitar Rp. 85.000. Wow.. maklum ya karena buahnya ga berlimpah dan diimpor dari benua Hitam sana

Gimana soal rasa? Meski harga murah, bukan berarti rasa murahan ya ­čśŐNektarin ini rasanya enak banget, apalagi dimakan ketika hari panas. Rasanya manis, ada yang sedikit asam sehingga menciptakan sensasi segar-segar manja. Perpaduan rasa apel, mangga dan jambu air juga jambu biji menurut lidahku

Dulunya aku sempat ga suka dengan buah ini. Karena kecele saat mengkonsumsinya, rasanya asam sekali. Merinding mulutku juga pipiku turut mengembang. Tapi suami anteng aja makannya. Memang kesukaannya yang asam-asam. Suami juga rajin membeli buah ini. Nah suatu hari tetiba aku mendapatkan rasanya manis dan enak di lidah. Aku jadi ketagihan. Makanya kalo beli aku baca bismillah dulu semoga dapat buah yang manis ­čÖé

Apakah pemirsa kenal dengan buah nektarin ini, atau malah menjadi buah favorit dan punya kebunnya juga? Hmm.. menarik untuk disimak buah yang unik ini ya.. yang sekilas mirip apel tapi lebih mungil, sekilas mirip persik juga karena kesamaan rasanya

Yuk kita kenalan dengan buah musim panas in, yang dalam bahasa Jermannya bernama sama juga nektarin. Kita simak profilnya terlebih dahulu ya

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Genus : Prunus
Subgenus : Amygdalus
Spesies : P. persica
Nama Ilmiah : Prunus persica var. nucipersica

Nektarin adalah pohon besar dari keluarga Rosaceae, genus Prunus yang menghasilkan buah berbiji satu dan subgenus Amygdalus. Nektarin bernama ilmiah cukup panjang, Prunus persica var nucipersica

Nah dilihat dari namanya, iketahuan deh kenapa nektarin ternyata bersaudara atau identik dengan persik. Buah persik bernama Prunus persica, sedangkan nektarin adalah turunannya  Prunus persica var. Nucipersica. Var adalah varietas.

Daging buahnya berwarna kuning cerah. Daging buahnya yang enak lagi menyegarkan ini pastilah menyimpan sesuatu di dalamnya. Ok deh.. Sekarang kita liat yuk kandungan gizinya

Kandungan Gizi

Nektarin
Jumlah per 100g

Kalori (kcal) 44
Jumlah lemak 0,3 g
– Lemak jenuh 0 g
– Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
– Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 g
Natrium 0 mg
Kalium 201 mg
Jumlah karbohidrat 11 g
– Serat pangan 1,7 g
– Gula 8 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 332 UI
Vitamin C 5,4 mg
Kalsium 6 mg
Zat besi 0,3 mg
Magnesium 9 mg

Wow, ternyata banyak juga kandungan gizinya ya. Pastinya banyak manfaatnya dong untuk kita, ga hanya sebagai cemilan buah segar aja┬á ­čśŐBuah nektarin berguna juga untuk kesehatan kita.

Mau tau..  yuk kita cek sama-sama manfaatnya di dunia kuliner juga kesehatan

Manfaat

Kuliner

Dimakan segar

Buahnya yang kokoh tapi krenyes ketika digigit dengan aroma yang wangi dan menyegarkan menambah nikmat mengkonsumsinya. Buah ini biasa dikonsumsi segar. Apalagi di siang bolong di musim panas. Kandungan gizi terjamin karena tidak ada yang hilang, Begitupun dia alami karena tanpa tambahan pewarna, pengawet hingga perasa

Aku dan suami lebih suka dimakan segar. Dengan sendirian atau bergabung dengan buah musim panas lainnya seperti blackberry, raspberry dan bluberry

Dijus dan smothie.

Untuk menikmati sensasi segar lainnya, nektarin cocok dijus dan smoothie.

Jus adalah memblender buah untuk diambil sarinya, tidak termasuk ampas yang dihasilkam. Sedangkan smoothie dibelnder dan dipakai semua daging buahnya, kecuali kulit dan biji

Dalam dunia komersial, produk nektarin dijus atau dismoothie meramaikan bursa dagang di Austria. Aku dan suami kadang-kadang aja beli produk jadi ini ­čÖé Karena aku┬álebih suka buah nektarin asli yang aku jus dan smoothie ­čÖé

Kalo aku nemu buah nektarin yang rasanya asam, yang tak bisa ditolerir oleh lidahku, aku kreasikan buah ini menjadi jus atau smoothie.

Jelly dan selai

Begitupun dalam dunia komersial, jelly dan selai diproduksi dan meramaikan bursa dagang di Austria. Jelly dan selai ini digunakan untuk berbagai keperluan, dari isi roti, kue basah dan kering hingga teman makan roti

Kalo lagi rajinnya, aku bikin jely atau selai. Daging buah nektar diblender atau dihancurin aja pake sendok sampai halus, kemudian tambahkan sedkit air dan gula khusus untuk bikin selai. Selanjutnya direbus hingga mengental. Saat dingin, masukkan dalam botol kaca yang bersih dan steril. Taraa.. Selai siap untuk digunakan. Sebagai olesan bolu gulung, isian tart hingga teman makan roti ­čÖé

Nah demikianlah beberapa manfaat buah nektarin di dunia kuliner. Pemirsa suka dibikin apa? ­čÖé

Ok deh.. Sekarang kita lanjut ke manfaatnya untuk kesehatan ya

Kesehatan

Buah energy drink alami

Nektarin mengandung banyak air yang membuatnya segar seakan kita mendapat energi baru saat kita konsumsi apalagi di saat kondisi udara panas. Karena kandungannya inilah nektarin dapat mencegah kita dari kekurangan cairan tubuh sehingga tidak menimbulkan dehidrasi

Menjaga berat badan

Salah satu cara menjaga berat badan adalah dengan mengatur pola makan alias diet. Nah, bagi yang sedang program diet buah ini salah satu yang direkomendasikan. Nektarin tidak mengandung kalori yang berlebihan sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu nektarin juga berfungsi menurunkan kolesterol yang menjadi biang kegemukan. Dengan adanya serat dalam buah ini menambah manfaatnya dengan membuat kita kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

Menjaga kesehatan mata

Nektarin kaya akan kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari masalah mata termasuk yang terkait dengan usia

Mencegah serangan radikal bebas penyebab penyakit

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin lainnya dalam buah nektarin ini yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas, maka akan dapat menjaga tubuh tetap kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga ga mudah diserang penyakit

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam buah ini turut berperan dalam menjaga kesehatan kulit agar bersih dan kinclong selalu, bebas jerawat termasuk masalah penuaan dini seperti kulit keriput dan bintik-bintik hitam

Menjaga kesehatan rambut

Nektarin kaya akan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut agar selalu sehat, terhindar dari masalah klasik rambut seperti rontok dan ketombe

Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Nektarin mengandung sejumlah mineral kalsium dan kalium yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi

Menyehatkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah ini diperlukan oleh pencernaan kita untuk bekerja dengan baik dengan melancarkan sistem pencernaan kita , sehingga menyehatkan pencernaan dan terhindar dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar

Demikianlah antara lain manfaat nektarin yang luar biasa bagi kita.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, sebaiknya memang konsumsi yang segar.  Tapi selalu diingat untuk mengkonsumsinya dengan bijaksana, ga berlebihan ya, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan.

Nah pemrisa, sekian dulu laporanku kali ini. Semoga tulisanku bermanfaat. ┬áJangan ragu untuk membeli dan mengkonsumsi buah ini kalo lagi belanja ya. Aku rasa di Indonesia telah tersedia buah yang cantik dan enak mirip apel ini, karena lagi musim-musimnya dan sangat berlimpah di negara 4 musim ­čśŐ

Selamat mencoba dan menikmati

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar