Negara-negara pengguna MSG/micin terbanyak di seluruh dunia, dari Thailand hingga Cina, Eropa hanya 3%

MSG atau micin adalah penyedap rasa pada makanan yang sangat terkenal di kalangan warga Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, juga di negara asal dimana MSG diproduksi pertama kali dengan merknya yang melegenda Ajinomoto. Kuliner Cina yang juga akrab dengan warga tropis seperti mie, cap cay dan sebagainya ternyata juga pengguna MSG yang mumpuni lho. Wow..
Kalo begitu, Indonesia pengguna micin sejagat jaya dong.. Atau Jepang sebagai salah satu pencetus penyedap rasa umami yang bukan asin, asam, pahit apalagi manis-manis manja ini? ­čśŐAtaukah Cina.. saking kontroversialnya micin ini hingga terkenal dengan Sindrom Restoran Cina, yang mengacu pada nama negara ini dan penyebab bodi meriang, pusing dan lain-lain?
Apakah hanya di tiga negara ini MSG begitu masyhur? Atau di negara-negara Asia khususnya Asia Timur termasuk Asia Tenggara, mengapa micin begitu masyhur?
Bagaimana kehadirannya di belahan bumi utara dan selatan? Benua Biru negara barat seperti Eropa termasuk Austria tempatku bermukim, Benua Hitam hingga Timur Tengah? Bagaimana penggunaan penyedap rasa dengan nama ilmiahnya Monosodium glutamat di negara-negara ini? Adakah atau bahkan diproduksi secara terang-terangan dalam bentuk kristal pipih putih bening?
Mengingat MSG begitu terkenal di kalangan warga Asia, kebayang kalo negara-negara ini sebagai pengguna nomor wahid atau bahkan produsennya?
Penasaran nih.. Kita telusuri bersama-sama yuk pemirsa, negara-negara mana saja sih yang paling banyak menggunakan MSG dalam masakannya, berikut sebagai penghasil terbesar di dunia, kemudian negara-negara yang sedikit penggunaannya. Dimulai yang paling belakang ya
Taiwan
Cina daratan ini terkenal akan kulinernya. Taiwan adalah salah satu negara yang menggunakan MSG terbanyak di seluruh dunia lho
Vietnam
Di atas Taiwan ada Vietnam, negara di Asia Tenggara pengguna MSG.
Thailand
Di balik sedapnya kuliner Thailand, ada micin menghampiri ­čśŐ
Cina
Cina menjadi negara tertinggi tak hanya konsumen, tetapi juga produsen, pemasok dan pengekspor micin di seluruh dunia. Wow..
Nah demikianlah pemirsa daftar negara-negara peringkat tertinggi pengguna MSG atau micin orang Indonesia bilang.
Meski Jepang adalah negara pencetus MSG pertama kali dan sebelumnya telah diketahui oleh seorang ahli Jerman, Jepang bukanlah peringkat pertama pengguna dan penghasil micin di seluruh dunia. Mengenai micin yang begitu populer di Asia terutama Asia Timur dan Tenggara, memang benar adanya. Terbukti Cina dari Asia Timur lolos sebagai peringkat pertama pengguna bahkan produsen seluruh dunia, diikuti dari Asia Tenggara ada Thailand dan Vietnam
Negara-negara di belahan dunia lain micin tidak terlalu populer. Bahkan di Eropa pengguna micin hanya 3% saja. Seiya sekata dengan negara-negara di Benua Hitam dan Timur Tengah
Ok deh.. sekian dulu laporanku kali ini ya pemirsa
Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar