Ipsala, penyebrangan perbatasan Turki-Yunani

Akhirnya usai sudah liburan kita di Turki. Saatnya kembali ke Benua Biru ke negeri anggur Austria. Kali ini kita melalui jalan darat menggunakan kendaraan pribadi dan mencoba meIalui negara Yunani. Pemandangan selama perjalanan menuju perbatasan ini begitu indah daan membuatku terus terjaga. Lumayan mataku ga sayup-sayup manja ­čśŐ

Ini adalah yang kedua kalinya kita melalui Yunani kembali ke Eropa. Pertama kali adalah tahun 2017 lalu. Saat itu malam hari jadi aku ga bisa foto-foto yang akurat dan kasih laporan ke pemirsa secara detil ­čśŐ

Alhamdulillah kita tiba di perbatasan Turki dan Yunani saat siang hari. Bisa foto-foto dong. Aku juga bisa membaca jelas tulisan bernama Ipsala di atas sebuah bangunan berwarna putih. Jadi Ipsala adalah gerbang perbatasan Turki dan Yunani ya pemirsa

Tak terlalu lama kita di pos pemeriksaan ini karena sepi. Mungkin kurang peminat ya.. Bandingkan dengan perbatasan Kapikule antara Turki dan Bulgaria. Sampai pegal kita nunggunya saking banyak antrian hhh..

Nah di perbatasan ini seperti biasa yang diperiksa adalah identitas kita yaitu paspor dan kelengkapan surat kendaraan suami juga kelayakan kendaraan seperti roda dkk. Kalo aku ditambah dengan KTP Austria/Schengen karena aku masih paspor hijau ­čśŐ Ditanya juga barang-barang apa yang dibawa. Kalo dirasa tak mencurigakan tak lama diperiksa. Petugas menggunakan 3 bahasa yaitu Turki, Yunani dan Inggris

Alhamdulillah lancar jaya pemeriksaan. Untuk selanjutnya kita akan memasuki negara Yunani dan dicek lagi sama petugas, masih menggunakan 3 bahasa. Melalui jembatan yang dicat merah dan biru. Merah menyatakan Turki sedangkan biru adalah Yunani

Nah setelah di Yunani, kita menuju kemana nih.. Rencana ke Makedonia dengan segala resikonya. Aku bilang ke suami kalo Makedonia sudah bergabung ke Uni Eropa, jadi ga usah kuatir aku akan ditolak seperti saat itu.

Suami setengah ragu-ragu tapi kalo mengingat kejadian lalu yang putar haluan setelah tiba di ujung Yunani, suami langsung yakin ga melalui negara Makedonia. Dulu aku ga keterima karena harus pakai visa, KTP Austriaku ditolak karena Makedonia bukan negara Schengen

Ok deh.. akhirnya kita dari Yunani nantinya menuju Bulgaria. Aku sih ikut aja apa maunya suami ­čśŐ Paling ga menikmati keindahan alam Yunani aku dah bahagia banget

Btw kita kenalan dengan Ipsala yuk.. Berada di area mana sih Ipsala di Turki dan Yunani ini? Benarkah dulunya milik Yunani dan ketika kalah, orang Yunani dipaksa keluar dari area ini? Ok deh kalo begitu kita langsung aja eksplor bersama-sama ya pemirsa

Ipsala

Ipsala atau Psala adalah sebuah kota dan distrik di propinsi Edirne di barat laut Turki. Ini adalah salah satu lokasi pos pemeriksaan perbatasan utama antara Yunani dan Turki. Kota Yunani di seberang Psala adalah Kipoi. Populasinya adalah 8.332 jiwa untuk kota dan 30.112 jiwa untuk seluruh distrik

Ipsala memiliki luas 653,23 km┬▓ dan ketinggian 17 meter di atas permukaan laut. Jalan negara D.110 D.110 (rute Eropa E90 E90) menghubungkan pos pemeriksaan perbatasan Ipsala dengan Tekirdag di pantai Laut Marmara

Penyebrangan perbatasan Ipsala adalah penyebrangan terbesar ke Yunani. Sebagian besar pertukaran barang antara Eropa dan Turki terjadi di sini. Pada tahun 1990 an, pekerjaan mulai memodernisasi penyebrangan perbatasan. Perbatasan hanya bisa dilintasi kendaraan dan tidak boleh berjalan kaki

Sejarah

Pada zaman Romawi dan Bizantium, ini adalah kota Cypsela, yang termasuk propinsi Rhodope, yang ibukota dan tahta metropolitannya adalah Trainopolis

Sejak abad ke-7 dan seterusnya, keuskupan Cypsela yang awalnya merupakan sufragan dari Trainopolis, muncul di Notitiae Episcopatuum sebagai keuskupan agung autocephalus. Uskupnya Georgius dan Therphylactus masing-masing hadir pada Konsili Konstantinopel Kedua (553) dan Konsili Nicea Kedua (787). Stephanus berada di Konsili Konstantinopel (869) dan Konsili Konstantinopel (879). Tidak lagi menjadi keuskupan residensial, Cypsela sekarang terdaftar oleh gereja Katolik sebagai tahta tituler

Pada tahun 1356, di bawah kepemimpinan Murat I, pemerintahan Ottoman dimulai

Setelah kekalahan Yunani pada perang Yunani-Turki pada tahun 1922, penduduk dipindahkan secara paksa ke Yunani sebagai bagian dari pertukaran penduduk antara Yunani dan Turki

Nah demikianlah sekilas mengenai Ipsala dan sejarahnya

Ok deh.. Sekian dulu ya pemirsa laporanku kali ini mengenai liburan musim panas kita ke Turki, di perbatasan Ipsala yaitu perbatasan antara Turki dan Yunani

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar