Pantai Kaputas, di Kalkan Turki, di antara keindahan ngarai, teluk dan pemandangan dari ketinggian

Pantai yang kita kunjungi ini cukup unik. Umumnya kita menemui pantai yang bibir pantainya sejajar atau lebih rendah beberapa meter dari sisi jalan. Tetapi pantai yang satu ini ditempuh dengan menuruni anak tangga lebih dari seratus meter. Ya.. pantai ini berada di bawah tebing

Kita berjumpa dengan pantai ini pertama kali saat kita mau ke kota kecil di pesisir pantai sekaligus di atas bukit sehingga kita bisa memandang keindahan alam dari ketinggian. Belum sampai tujuan, di tepi jalan yang berkelok dengan tebing yang tinggi dan jurang yang dalam kita jumpai banyak sekali mobil yang parkir. Kita pikir ada apa ini ramai-ramai, seperti ada yang mau demo atau kenduri atau sesuatu terjadi di jalan raya

Ahaa.. ternyata ini adalah tempat wisata. Tepatnya pantai yang terkenal di kota wisata yang akan kita tuju. Ga hanya kendaraan mobil empat yang didominasi mobil pribadi sedan, tetapi lautan manusia dengan busana khas pantai

Oh ternyata mereka baru saja habis berenang. Ada juga yang baru tiba dan menuju ke pantai. Beragam yang datang, dari anak kecil hingga nenek-nenek, dari turis lokal hingga mancanegara

Ok deh. Kita akan kemari, kata suami. Tapi kita meneruskan perjalanan ke kota yang kita tuju terlebih dahulu dan menyelesaikan segala keperluan hingga vila tempat kita menginap lemudian kemari lagi hari itu juga ­čśŐ Soalnya penasaran banget lho pemirsa.. seperti apa sih pantainya bikin heboh sejagat raya

Perjalanan kemari dari tempat kita menginap kota Kalkan ga terlalu lama, hanya beberapa menit

Wow.. ternyata masih ramai juga pantai ini. Jalan yang ga seberapa lebar ini kerap kali macet oleh kendaraan yang lalu lalang. Belum lagi semakin sempit dengan kendaraan yang parkir di pinggir jalan mepet ke tebing tinggi karena ga kebagian tempat parkir. Heboh banget kan..

Pantai apa sih yang dikunjungi ga hanya seantero Turki tetapi juga bule Eropa?

Dialah pantai Kaputas. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata terkenal di kotamadya Kalkan di distrik Kas. Pantai ini selalu ramai dikunjungi. Dari pagi sampai sore tiada henti. Sehingga kita sampai perlu dua kali kemari untuk mendapatkan suasana yang tenang, tetapi tetap saja ramai

Airnya jernih sehngga kita bisa melihat berbagai batuan teronggok di dasar laut. Meski suhu terik panas membara, airnya tidak ikut panas.

Bebatuannya cantik berwarna putih atau putih dengan coklat krem seperti pualam. Mengingatkanku juga pada batu kali di tanah air untuk mengulek cabe ­čśŐ

Banyak yang berenang atau sekedar berendam dan menikmati sensasi debur ombak yang kencang. Pantai ini tak panjang amat, ga sampai satu kilometer tetapi di depannya sangat luas seperti laut lepas. Tak ada pelindung, hanya dua tebing yang tinggi yang sedkit menjorok ke depan.

Makanya ada tali tambang sepanjang beberapa ratus meter ke depan dan di tengah-tengahnya seperti kandang, agar orang-orang ga kebablasan berenang hingga ke tengah laut yang dalam. Di tali tambang tengah laut ini kita bisa duduk bagi yang bisa menjaga keseimbangan di antara deru ombak atau berpegangan dan menjulurkan kaki

Semakin jauh dari bibir pantai, air semakin dingin seperti es. Makanya aku ga lama-lama dan ga jauh-jauh bermain-main dengan air di pantai ini meski didampingi suami.. Kalo suami mah dah biasa dengan air begini, berenang dan bermain-main dengan ombak, kadangkala mengambang sampai kulitnya merah seperti kepiting rebus

Istrinya yang sedikit cemas, apa daya hobi suami begitu. Kalo kita warga tropis kulit gosong kena sinar matahari sedikit dah heboh banget, kalo suami kalem aja ­čÖé

Ok deh, Kita kenalan lebh dalam yuk mengenai pantai ini yuk

Pantai Kaputas adalah pantai kecil antara distrik Kas dan salah satu kotamadyanya yaitu Kalkan di provinsi Antalya di Turki barat daya

Nama

Nama pantai ini berasal dari sungai Kaputas yang mengalir ke Laut Tengah di teluk. Sesaat sebelum mulutnya, ia membentuk ngarai sepanjang 200 meter tepat di pantai di kaki Pegunungan Taurus. Nama teluk dan nama ngarai juga diambil dari nama sungai

Lokasi

Pantai Kaputas terletak pada jarak 29 km dari distrik Kas dan 7 km dari Kalkan. Jadi ga terlalu jauh ya dari tempat kita menginap di Kalkan ­čÖé

Pantai ini berada di titik dimana lembah yang sangat sempit yang menjulang oleh tebing curam dan hutan bergabung dengan pantai laut di teluk dengan nama yang sama dengan pantai yaitu Kaputas

Pantai ini populer di kalangan pengunjung wilayah karena lingkungan alamnya dan pemandangan dari ketinggian yang dilalui oleh jalan negara bagian/ jalan tol D400 antara Kas dan Kalkan

Di kedua sisi teluk, dinding bebatuan jatuh hampir secara vertikal ke laut

Nah dinding ini kulihat seram juga ya karena ketinggiannya. Oleh karena itu di dindingnya tertulis pengumuman jangan didaki

Fasilitas

Pantai ini dicapai dengan 170 anak tangga menurun dari jalan raya. Wow.. lumayan kaki melangkah ya.. Seperti olahraga adanya ­čśŐ

Pantai ini perlahan tapi pasti mengalami kemajuan berarti seiring dengan makin ramainya pengunjung. Dulunya tidak ada fasilitas seperti kamar mandi untuk berbilas sesudah berendam atau berenang dan segala aktivitas di pantai. Sekarang ada fasilitas toilet, kamar mandi, kafe bar dan gubuk ganti di pantai Kaputas.

Bahkan ada kran dengan air mengalir untuk kita membasuh kaki setelah perjalanan menaiki anak tangga menuju jalan di atasnya selepas beraktivitas di pantai. Alhamdulillah segar kaki bersimbah air segar

Maklum ya kita mencapai ketinggian menaiki anak tangga yang banyak

Lounger dan payung dapat disewa. Ya untuk jaga-jaga dari sinar matahari yang terik.. atau  untuk bersantai melepas lelah sehabis berenang. Selain itu, beerapa vendor juga menjual suvenir dan minuman

Tempat parkir dalam jumlah terbatas tersedia di sisi jalan. Nah untuk parkir ini sepanjang yang kuamati sangat minim. Ga sebanding dengan kendaraan pengunjung yang berjubel. Sehingga yang ga kebagian harus rela memarkir kendaraannya nun jauh di sana. Lumayan kalo jalan kaki. Hhhh.. hitung-hitung pemanasan sebelum ke pantai ya

Karena ekstrimnya tempat ini, maka pantai dan area sekitarnya perlu dijaga oleh pemerintah kota Kalkan.

Ini juga digunakan untuk persinggahan yacht atau kapal pesiar di sepanjang Blue Cruise. Laut semakin dalam agak dekat dengan pantai Kaputas

Sekitar

Ngarai sempit yang dalam terletak di sisi jalan. Dapat dicapai langsung dari pantai di bawah jembatan, jika tidak ada aliran air. Ngarai terbentuk dari abrasi bebatuan pleh aliran air selama ribuan tahun. Ngarai berakhir sekitar 200 meter dan memiliki pemandangan ke dinding yang curam. Tiket masuk gratis

Pantai ini adalah salah satu dari 20 pantai terbaik yang dimiliki Turki

Menurutku ga salah menjadikannya salah satu pantai terbaik karena keindahannya dari segala sisi. Sayangnya aku ga kuat panas, apalagi di pantai yang minim pepohonan sehingga sinar matahari bagai menusuk tulang. Padahal aku warga tropis lho.. bagaimana dengan para bule ya? ­čśŐ

Ok deh pemirsa.. sekian dulu laporanku kali ini ya mengenai liburan kita ke pantai Kaputas, di Kalkan Turki, di antara keindahan ngarai, teluk dan pemandangan dari ketinggian

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar