Brownies kukus simpel serba 100 minimalis telur, tanpa emulfisier dan baking soda

Dingin-dingin begini pengen deh brownies. Mau beli dah keburu pengen..ga sempat mo ke toko bakeri yang jaraknya dari rumah kira-kira 4 km. Lagian ragu-ragu juga ma kehalalannya..maklum ya di bumi Eropa ini­čśŐ Mau mesan ma adek ipar kejauhan di kampung halaman. Hhhh

Jadi kepikiran kenapa ga coba bikin sendiri ya.. Kalo bikinan sendiri, apapun yang terjadi, mau enak ga enak, sempurna ga sempurna tetap habis dilahap­čśŐTaraf menghormati kreasi sendiri tinggi banget.. Lagian kalo dibuang sayang karena ga baik dalam agama, mubazir itu namanya, kecuali untuk tingkat keparahan akut, gosong misalnya ­čśŐ

Kalo bikin sendiri juga kita bisa terjun bebas berkreasi tapi tetap ga keluar dari jalur resmi peresepan. Lebih yakin akan kebersihan dan kesehatannya, ga asal yang penting jadi ­čśŐKarena bikin sendiri yang nentuin kita sendiri, kita bosnya ya kan. Misalnya┬á brownies ini, bisa ditambahkan cacahan kacang almond enak kali ya..

Brownies emang terkenal dalam dunia bakeri sebagai cemilan yang enak nikmat luar biasa. Bisa ga sih ane bikinnya yang minimalis telor, ga pake bahan tambahan kayak emulfisier ataupun baking soda, ga manis-manis banget dan satu lagi ga dipanggangÔÇŽ tapi browniesnya tetap nikmat ga kalah ma produk keluaran toko bakeri? AaaaÔÇŽ banyak banget syaratnya ­čśŐYang ane tau, telornya minimal 6 biji biar berasa lembut dan untuk ngilangin bau amisnya atau yang ga suka ma aroma telor biasanya ditambah esen vanila sekalian biar wangi juga browniesnya. Begitu juga emulfisier sebagai bahan pelembut. Terus baking sodanya biar browniesnya mengembang cantik ga bantat.

Tapi ternyata bisa kok sewaktu ane ubek-ubek mbah google ketemu cara simpel bikin brownies yang dikukus. Cocok untuk ane yang amatiran ini, atau emak-emak pekerja yang sibuk atau anak kuliahan yang ngekost dan ga banyak waktu buat ke dapur ­čÖé

Brownies kukus simpel serba 100 yang sempat booming dan masih booming sampai sekarang ini jadi resep favorit emak-emak termasuk ane­čśëBahan-bahannya juga murah meriah, simpel dan mudah dimengerti lho.. ga banyak mikir dan serba 100. Maksudnya tiap bahan terdiri dari 100 gram, seperti 100 gram tepung terigu, 100 gram coklat dcc, 100 gram margarin, 100 gram gula pasir dan 100 gram telur (sebutirnya @50 gram, bukan 100 butir ya mak ­čÖé

Kebetulan bahan-bahannya ada di dapur setia ane

Dan emang udah ane buktiin kok ga ribet bikinnya, termasuk untuk ane yang masih amatir dalam dunia perbrowniesan ini. Ga butuh waktu banyak lagi ­čśŐ┬áCocok juga nih untuk wanita karir yang waktunya sempit banget, selain harus siap jadi abdi di rumah tangga juga abdi di tempat kerja. Begitu juga untuk anak kost yang jarang ke dapur karena sibuk belajar

Nah, kalo soal makannyatinggal pilih,  bisa sesaat setelah mateng, masih renyah atau dimasukin ke kulkas dulu dan didiamkan beberapa jam, ada sensasi dinginnya tapi tetap endess dan lumer dimulut..

Ok deh, sekarang yuk mari kita eksekusi. Pertama siapkan kukusannya kemudian bahan-bahannya

Bahan brownies simpel serba 100

100 gr telur (kira-kira 2 telur ukuran sedang)
100 gr terigu serba guna
100 gr dcc (dark cooking chocolate)
100 gr margarine
100 gr gula pasir

Cara membuat brownies simpel serba 100

1. Letakkan margarin dan dcc dimangkuk kaca/aluminium. Panaskan air dipanci, setelah mendidih matikan api, letakkan mangkuk berisi margarin dan dcc diatasnya, biarkan hingga leleh kemudian dinginkan

2. Kocok telur dan gula dengan whisk/garpu hingga gula larut, tidak perlu sampai mengembang. Masukkan tepung terigu sambil diayak, aduk hingga rata perlahan-lahan dengan whisk/spatula

3. Masukkan campuran dcc leleh, aduk rata. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Kukus 30 menit.

Catatan: Kukusan sudah dipanaskan hingga mendidih sebelumnya, alasi tutupnya dengan serbet bersih, maksudnya biar uap panasnya ga mengenai brownies yang bisa menyebabkan bantat

4. Tes tusuk untuk mengetahui kematangannya. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin baru dikeluarkan browniesnya.

Kemudian dipotong-potong sesuai selera, tambahkan garnis sebagai pemanis biar apik buah ceri dan butiran selima. Kalo mau merasakan sensasi dingin-dingin manja empuk lumer bak es kkrim, bisa masukin ke dalam kulkas terlebih dahulu potongan browniesnya :

Selamat mencoba dan menikmati ya pemirsa.

Schreibe einen Kommentar